Event : Donor Darah Yuk


Hari ini dikantor ada acara Donor Darah, kebetulan acara ini rutin di adakan 3 bulan sekali, sesuai dengan anjuran dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Saya sendiri sudah beberapa kali ikut untuk donor darah, lupa berapa banyaknya, karena kartu donor darahnya hilang melulu. Kali ini pun kartunya juga hilang, malah menemukan kartu saat donor di tahun 2016.

Harus nyari deh setelah donor hari ini, untuk membantu petugas juga mempermudah pencatatan yang kemudian akan digunakan untuk memberikan penghargaan kepada pendonor darah. Penghargaannya berupa piagam dan pin yang akan diberikan oleh PMI pertama kali setelah pendonor telah 10 kali melakukan donor darah, bahkan untuk yang sudah donor sebanyak 100 kali, piagam akan diberikan langsung oleh Presiden RI.

Acara di mulai jam 9 pagi, setelah petugas PMI selesai beberes tempat, baru deh kita bisa mulai untuk registrasi dengan mengisi formulir data pribadi lalu ada pengecekan kesehatan kita seperti berat badan, pemeriksaan kadar HB, tekanan darah, nadi, suhu tubuh  terus dokter juga akan tanya-tanya apakah tadi malam sudah tidur minimum 4 jam, ada minum obat atau dalam seminggu ini ada sakit nggak (batuk, pilek, demam dan sakit tenggorokan).



Semua ok, saya pun nunggu antrian untuk donor, sambil nunggu antrian biasanya dikantor akan kasih sarapan, hari ini dapat lontong dan risol. Biasanya banyak nih dikantor ikut daftar tapi nggak ikut donor darah, dengan alasan nggak di rekomendasi sama dokternya untuk donor darah, padahal sih karena takut sama jarum suntik atau cuma mau numpang dapat makan sarapan. Memang di wajibkan yah sebelum donor darah untuk makan dan minum secukupnya untuk mengurangi efek dari pendonor darah seperti kepala menjadi lebih ringan dan membatu aliran darah lebih baik.



Intinya pendonor darah memang harus dalam keadaan sehat, berikut syarat-syarat lengkapnya :
1. Sebelum menyumbangkan darah, calon pendonor hendaknya diperiksa dahulu oleh dokter atau seseorang yang diberi wewenang dibawah tanggung jawab dokter.
2. Berumur lebih dari 17 tahun (atas pertimbangan dokter pendonor yang berumur lebih dari 60 tahun dapat menyumbangkan darahnya).
3. Berat badan minimal 45 kg.
4. Kadar hemoglobin darah calon pendonor sekurang-kurangnya 12,5 gram/desiliter (g/dl).
5. Tekanan darah normal berkisar antara sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg.
6. Denyut nadi berkisar antara 60 - 100 kali per menit, teratur, tanpa denyut patologis (nadi yang menunjukkan adanya seuatu penyakit dalam tubuh kita).
7. Jarak penyumbangan darah minimal sepuluh minggu dengan penyumbangan maksimal 5 kali dalam setahun.
8. Bagi wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui bisa menyumbangkan darahnya enam bulan setelah melahirkan atau tiga bulan setelah berhenti menyusui.
9. Wanita yang sedang menstruasi dapat menyumbangkan darahnya bila kadar Hemoglobinnya memenuhi syarat, biasanya sesudah hari ketiga menstruasi, di mana menstruasinya sudah tidak terlalu banyak.

Hari ini saya sengaja datang awal, biar nggak kelamaan antri. Biasanya karena hari jumat lelaki muslim harus sholat jumat, jadi mereka di dahulukan. Pertama kali donor sih saya biasa-biasa saja, kebetulan tidak takut dengan jarum suntik juga.



Namun saya pernah punya pengalaman kurang enak setelah donor darah tahun lalu, jadi berat badan saya itu pas banget 45 kg, namun sama dokter diperbolehkan untuk donor darah karena hasil cek kesehatan bagus. Saya sebenernya sudah nggak yakin untuk tetap donor darah, tapi sudah pernah donor darah dengan berat badan segitu dan tidak apa-apa, akhirnya setelah donor darah saya bukan cuma pusing keliyengan tapi saya rasa sudah ingin pingsan, lemes banget. Saya segera diberi minum teh manis hangat dan disuruh tiduran. haduhh malu deh.



Hari ini mbak petugas dari PMI yang bantu saya donor darah seru sekali, jadi nggak seperti sedang donor, banyak cerita-cerita  jadi saya rileks dan santai suasananya. Dari cerita-cerita-nyalah saya baru tahu, sesuai dengan peraturan WHO minimal untuk donor darah itu 350 cc untuk perempuan dan 450 cc untuk laki-laki menyesuaikan dengan berat badan juga yah. Sebelumnya dengan berat badan yang sama hanya darah saya yang diambil hanya 250 cc. Oiya darah yang telah di ambil akan dibuat lagi oleh tubuh dalam waktu 1 - 2 hari dengan minum yang cukup.

Setelah kurang lebih 15 menit proses donor darah pun selesai, Alhamdullilah lancar. Saya pun baik-baik saja setelahnya. Tidak ada keluhan sama sekali baik saat pengambilan darah maupun setelahnya. 

isi goodie bag setelah donor darah

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah mendonorkan darah :
1. Jangan langsung bangun setelah petugas selesai mengambil darah, tetap berbaring sekitar 5 - 10 menit, hal ini berguna untuk penyesuaian tubuh setelah darah di ambil. 
2. hindari membawa barang berat dengan tangan yang di gunakan untuk mengambil darah selama 24 jam.
3. Hindari merokok atau minuman alkohol selama 1 jam 
4. Makan dan minum secukupnya setelah donor darah
5. Bila ingin berolah raga seperti sepeda, lari, sepak bola sebaiknya tunggu 1 hari setelah donor darah di lakukan.

Saya juga baru tahu nih, kalau donor darah itu banyak manfaatnya, berikut diantaranya :
1. Dengan melakukan donor darah kita akan mengetahui dengan tepat golongan darah kita.
2. Dengan rutin melakukan donor darah, para pendonor dapat memeriksa kesehatan secara teratur, karena setiap kali donor akan di cek dahulu kesehatannya.
3. Pemeriksaan hemoglobin membuat si pendonor menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh.
4. Memeriksakan kondisi darah sebelum mendonor bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
5. Donor darah dapat membakar kalori dalam tubuh.
6. Membantu deteksi awal masalah kesehatan
7. Menurunkan resiko kanker
8. Mengontrol tekanan darah
9. menurunkan kolestrol
10. Meningkatkan produksi sel darah merah
11. Membantu penurunan berat tubuh
12. Menjaga kesehatan sistem peredaran darah
13. Meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal
14. Memperkaya cadangan darah
15. Menyegarkan dan menyehatkan tubuh
16. Mempercepat penyembuhan luka 

Gimana buat yang belum pernah nyoba donor darah setelah melihat list manfaat dari donor darah ini ? Mudah-mudahan dapat menggerakan dan memberanikan diri untuk ikutan donor darah karena dari 1 kantong darah yang kita sumbangan dapat menolong untuk 3 orang.


Komentar